Rabu, Maret 25, 2015

16 Jalan Taman atau Kebun yang Cantik

Suatu hari aku bertemu dengan seorang temanku, dia seorang ahli Teknik Sipil yang saat ini masih mengajar pada perguruan tinggi negeri di Republik ini..Saat aku berjumpa dengannya kami ngobrol tentang taman atau kebun rumah ...karena pada saat itu kami juga bercerita tentang properti... 

Dengan seorang ahli Teknik Sipil seperti kawanku ini ...aku sangat beruntung karena selalu dapat "ilmu gratis" dan juga dapat "konsultasi gratis" :) Ketika aku tanya saran temanku  
"Bagaimana cara membuat taman sederhana..murah..tapi bagus..." temanku kotan ngakak khas dia :P :D 
"Hahahaaa...itu memang manusiawi bangetttt...murah..tapi bagussss..terus cuantikkk"
Temanku menambahkan yang tidak kalah penting adalah fungsi dari JALAN itu sendiri..seperti antara lain supaya jalan ke titik lain dari taman atau kebun tersebut : 

a) mudah dijangkau 
b) aman 
c) bersih 
d) tidak merusak tanaman disekitar 
e) bagus 
f) rapi
g) gaya
h) indah
i) seni

Kemudian temanku menunjukkan kepadaku beberapa contoh yang menurutnya memenuhi kriteria ..sederhana ...murah tapi bagus and cuantikkkkk...hehehehe..seperti dibawah ini.

1. Bongkahan Batu Alam
Di kebun atau di taman, dimana terdapat jalan menurun, maka susunan batu alam yang agak pipih ini adalah pilihan yang bagus..sederhana..kita hanya menyusun bertingkat, maka dengan mudah ide ini manciptakan suasana lain dalam taman atau kebun kita.
 

2) Mozaik Pecahan Berwarna
Dengan pecahan berwarna dari porselen, keramik atau atau kaca akan tercipta jalan bertingkat yang sangat cantik dan alami...


 3) Pecahan Tegel Lantai
Pecahan tegel lantai dapat disusun manjadi jalan di taman atau dikebun yang sangat memerlukan sedikit biaya bahkan tanpa biaya...hehehe..disusun aja ...sudah jadi


4) Batu Pecah
Batu Pecah dapat juga menjadi jalan yang cantik...agar batunya tidak lari kemana-mana, maka diperlukan kotak penahan dan batu pecah tersebut dapat dimasukan kedalam kotak tersebut...kalau kita berjalan disini...maka akan ada suara kkkrrrkkkk...krrekkkk..yang menimbulkan sensasi ketika kita berjalan diatasnya :)


5) Pecahan Tegel Lebar
Pecahan Tegel yang lebar dapat disusun akag jauh ...mengikuti langkah kaki kita ketika berjalan...agar cuantikkk..susunannya berbaris melengkung...ini sama sekali tidak ada biaya...tinggal diletakan di taman atau dikebun...jadi dechhhhh...:)


6) Batu Kali Bulat vs Pipih
Batu kali bulat ve pipih dapat dibuat jalan bertingkat menuju tempat yang lebih tinggi dengan disusun seperti gambar di bawah ini ..sederhana..murah dan bagusssss hehehehe..


7) Batu Pipih
Batu Pipih sangat mudah untuk dibuat jalan dalam taman atau kebun,,dapat juga dibuat meninggi dari tanah sekitarnya.


8) Batu Kali Pipih
Batu Kali Pipih sangat cantik bila disusun dalam taman, Batu Kali Pipih dengan pinggirannya yang tidak beraturan dapat menciptakan keindahan taman atau kebun disekitarnya


9) Mozaik Batu
Bila ingin membuat yang istimewa ..susunan batu kali yang mengikuti suatu pola ...akan tercipta karya seni yang tinggi...tapi ini kamu memerlukan biaya dan tukang batu yang ahli untuk membuat model yang satu ini.


10) Mozaik Batu Abstrak
Membuat suatu yang berbeda dengan biaya yang sedikit mahal...maka ciptaan abstrak ini aka memenuhi semua keinginan akan keindahan.


11) Corn Block
Dalam taman atau kebun akan tercipta kerapian dari menyusun Corn Block di tengah taman atau kebun


12) Kayu
Kayu juga dapat membuat taman atau kebun kita jadi sesuatu yang berbeda...aku jadi ingat dengan tanggak kayu kebun di kampungku di daerah ogan ilir ...agar tanah tidak curam dan licin..maka tahannya ditatah seperti tangga dan agar tanahnya tidak terbis...maka dipasang kayu..dan setiapujung kayu dijepita dengan kayu kecil yang ditancapkan ditanah sehingga kayu tersebut tidak bergerak.


13) Pecahan Tegel Ditumpuk
Pecahan tegel ditupuk 3 pada setiap titik pijakan kaki..ini juga memberikan kesan taman atau kebun yang berbeda :)


14) Semen Cor Persegi
Semen yang dicor persegi dapat disusun beraturan memenuhi taman dan kebun...agar menjaga keasriannya maka..setiap pertemuan semen tersebut diberi jarak untuk pengijauan.


15) Batu Pecah Marmer
Batu pecah marmar ini juga memberi warna yang sangat cantik dengan menyusunnya di tengah taman atau kebun ..dengan warnanya yang terang akan membuat sekitarnya jadi terang.


16) Batu Berwarna
Batu Besar yang berwarna dapat disusun dipinggir jalan di taman atau dikebun yang menjadi pembatas bagi yang melintas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

a