Senin, Maret 09, 2015

Kacang-Kacangan yang Sangat Baik untuk Kesehatan

 

Sebagian besar wanita merasa, terlalu banyak makan jenis kacang-kacangan akan berdampak buruk pada kecantikan kulit. Tampaknya sudah terlalu sering kacang menjadi kambing hitam sebagai sumber lemak yang tak baik bagi kulit dan dianggap sebagai penyebab munculnya jerawat.

Padahal, sejumlah kacang berikut memiliki manfaat sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Kenari
 
Sebenarnya, semua jenis kacang-kacangan mengandung lemak sehat yang berguna bagi hati, serta mengandung Omega-3. Nah, dalam segenggam kacang kenari (sekitar 14-15 butir kacang) mengandung 185 kalori, 18 gram lemak, dan 4 gram protein. Juga mengandung tinggi asam alfa linoleat (ALA).

Penelitian menunjukkan, ALA dapat membantu aritmia jantung, sedangkan sebuah studi di tahun 2006 di Spanyol menunjukkan, kenari memiliki manfaat efektif serupa minyak zaitun dalam membantu mengurangi peradangan dan oksidasi dalam arteri, terutama setelah makan makanan berlemak.

K acang T anah
 
Secara teknis, kacang tanah tinggi folat dan mineral yang sangat penting bagi perkembangan otak, serta dapat mencegah penurunan kognitif. Tak heran bila kacang merupakan pilihan cocok untuk para vegetarian agar tak kehilangan zat folat. Untuk wanita hamil, kacang tanah bermanfaat untuk memproduksifolat untuk melindungi bayi yang belum lahir dari cacat lahir.

Dan seperti kebanyakan kacang lainnya, kacang tanah juga kaya lemak sehat yang baik bagi perkembangan otak, serta mengandung dan vitamin E. Dalam 1 ons kacang tanah (sekitar 28 butir kacang dengan kulitnya) mengandung sekitar 170 kalori, 7 gram protein, dan 14 gram lemak.

Kacang P ecan Brasil
 
Kacang pecan dari Brasil ini rasanya sangat c reamy dan mengandung selenium serta mineral yang dapat melindungi potensi kanker prostat dan penyakit lainnya. Namun jangan terlalu banyak makan kacang jenis ini, karena penelitian terbaru menunjukkan, terlalu banyak selenium dapat dikaitkan dengan tipe risiko diabetes 2.

Satu ons kacang Brasil (sebanyak 6 butir kacang) mengandung sekitar 190 kalori, 19 gram lemak, dan 4 gram protein. Pecan juga sangat baik bagi kesehatan pria, karena sarat beta-sitosterol, yakni zat steroid alami yang dapat meringankan gejala pembesaran prostat. Satu ons pecan (18-20 butir) mengandung sekitar 200 kalori, lemak 21 gram, dan 3 gram protein.

K acang Almond
 
Almond adalah kacang rendah kalori dan mengandung lebih banyak kalsium dibandingkan kacang lainnya. Tak heran, almond adalah kacang yang memiliki manfaat kesehatan paling banyak.

Ditambah, almond juga sangat kaya serat, vitamin E, serta antioksidan yang membantu melawan peradangan berbahaya. Kandungannya juga membantu kondisi tubuh agar terhindar dari kanker paru-paru dan penurunan kognitif yang berkaitan dengan pertambahan usia.

Source : 

HEALTH.COM


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

a